Selasa, 08 Juni 2010

nenek :)

Seorang ibu tua yang selalu bersamaku setiap hari, setiap hari aku tidur dengan dia, setiap hari aku di nasehatinya, setiap hari ia mengetahui perubahan aku, yak itu lah nenek aku :)
Nenek emng bukan org yg melahir kan aku, tetapi org yg melahir kan mamaku. Nenek adalah org yg terbaik dan tersabar yg pernah aku kenal, karena nenek lah yg selalu memarahi ku, menasehati ku, dan mungkin selalu menemani ku setiap malam trus dia lah tempat aku curhat. Aku sangat dekat dengan nenek, mungkin karena aku tidur dan tinggal di rumah nenek.
Pada suatu malam, ketika hujan dan petir keras berdentang, aku tersentak bangun, dan org yg pertama aku peluk adalah NENEK.
Suatu ketika duluu (udah lumayan lama) pas aku lagi pasang baju mau pergi sekolah SD, tiba tiba nenek aku jatuh terpeleset di depan kamar mandi dan akhir nya nenek aku gk bisa berdiri/berjalan lagi dengan normal karena kakinya patah :( pagi itu juga nenek aku langsung di bawa ke rumah sakit, dan besok nya langsun operasi pemasangan pen di kaki nya :( pas operasi, banyak kluarga pada datang, banyak yg nunggu di depan ruang operasi, operasi nya berjalan lancar dan cukup lama jugak, pas nenek aku keluar ruangan operasi dia merintih kesakitan ya Allah aku kasihan :( sudah beberapa lama selesai operasi, nenek di ajarkan sama ahli apaa gitu buat jalan pakek tongkat, pertama nya nenek aku belum terbiasa, tapi karena dia di ajarin terus sama ahli trus orang rumah, akhir nya bisa jugak (alhamdulilah) :). setelah beberapa bulan atau mungkin tahun, nenek aku sudah lancar aja jalan nya pakek tongkat :)
Suatu ketika, nenek aku masuk rumah sakit wah aku merasa sangat kesepian karena tidak ada yg menemani aku lagi dan aku takut ia pergi :'( pada saat nenek aku masuk rumah sakit, ia di rawat di ICU selama seminggu dan saat aku ingin menjenguk nya, selaluuu aja waktu jenguk nya abis yaah aku sedih nyaaaa gak bisa liat nenek :( tapi tapi tapiii, udah seminggu di ICU nenek aku gk ada kemajuan sehat nya eh malah tambah sakit aja :( terpaksa gk ada pilihan lain yaa pindah rumah sakit, sampek di rumah sakit baru nenek aku cuma di rawat 4 hari, trus pulang deh, alhamdulilah :)
Pas tanggal 5 Januari 2010, nenek aku emng udah jadwal ke rumah sakit krna kalo udah telat kerumah sakit, nenek aku gk kuat ngapa-ngapain :( pas di bawa ke dokter, nenek aku ga pulang pulang alias di rawat lagi di rumah sakit :( hari demi hari berlalu, pas hari kamis malam, smua pada pergi ke rumah sakit, aku malah di tinggal sendiri sama pembantu :( pertama nya org rumah yg pergi ga ada ngabarin aku keadaan nenek di rumah sakit krna ga ada pilihan lain, aku tidur krna besok aku sekolah
Besok pagi nya 8 Januari 2010, pas aku mau sarapan, aku nanya sama mama "ma, kek mana nenek?udah mendingan?" trus mama diam bentar, baru jawab "kata dokter nya ga ada harapan lagi, soal nya paruparu nenek infeksi" huaaaaah ya Allah, aku rasanya udah mau nangis :((
Abis aku ngomong gitu, langsung ada telpon dari rumah sakit, katanya nenek udah SEKARAT :(( aku lngsung nanya sama mama "ma, sekolah ni?" Mama blg "ndak usah lah, ganti baju, bangun kan ica, prgi ke rumah sakit lngsung, mama pergi duluan sama om alex"(sambil buruburu pergi ke rumah sakit). Aku lngsung bangun kan ica trus ganti baju di kamar dan menangis dan berdoa smoga nenek aku baik baik aja :'( selesai kakak aku mandi, lngsung ngebut ke santa maria. Sampek nya di santa maria, malah ga boleh masuk, ada sodara aku yg baca yasin didalam :( gk beberapa lama duduk, ehh keluar oom aku blg "Nenek UDAH GK ADA LAGI" huaaaaaaa ya Allah, tanpa merhatiin org lain aku lngsung lari ke ruang ICU sama kakak aku, sampek di dalam aku liat nenek aku terbujur kaku tanpa berkutik sedikit pun :(( gak ada pilihan lain, aku lngsung sms org gatau apa dan sama siapa aja yg aku sms :( abis tu, aku duduk di kursi depan ICU sambil nangis terisak-isak :'( trus aku sama kakak aku pulang, beresberesin rumah sbelum org pada datang
smua udah rapi dan bersih, aku tinggal menunggu orang pada datang ke rumah. Pas mayat nenek aku datang, smua pada masuk ke rumah dan satu persatu baca yasin
Waktunya mandiin nenek datang, aku yg awal nya lagi cerita cerita sama Buk Raja (yg kebetulan datang) di panggil sama mama suruh ikut mandiin nenek, okelah aku ikut mandiin nenek :( abis mandiin nenek trus masang kain kafan naaah disinilah aku sedihnya, aku cium nenek, pas aku cium pipi nenek dingiiiin kali oi :(
pas abis aku nyium nenek, akhirnya nanek aku di bungkus pakek kain kafan. terus nenek aku di bawak ke mesjid, eh pas baru keluar pagar ada mora alysha ayu kak putri sama kak rana datang karena aku udah ketingalan, ya udah mreka aku tinggalin (maaf) dan aku di mesjid ikut menyolatkan nenek aku, pas sholat nangis aku gak berhenti :'( abis sholat langsung jalan ke kuburan yang gak jauh dari rumah aku, sampek di kuburan aku tetep aja nangis tapi air mata aku kecil kecil yang keluar, dan aku makin sedih liat mama aku yang nangis hampir jatoh soal nya dia belum makan dari kemaren malam :( pulang dari kuburan kami smua makan di rumah, aku duduk di sebelah mama, pas mama mau makan eehh ada aja yg ganggu mama buat makan, ya Allah aku kasihan ee :( slesai makan, aku di sms sama ayu mora, mreka bilang mreka mau ke rumah, oke aku tunggu di depan, eh akhir nya datang serombongan ada mora alysha ayu ogik orin alvin, makasih ya woi udah datang dan buat aku senyum trus gk nangis lagi :)

sekarang, gk ada lagi sosok nenek yang baik dan sabar yg aku kenal, smua udah gak ada lagi. gak ada yang marahin aku krna gk sholat sama gk belajar, gk ada orang yg nyindir aku pas abis mandi, gak ada lagi orang yang nasehatin aku, gak ada lagiorang yag bisa aku ajak foto foto, gak ada lagi orang yang aku peluk pas ada petir, gak ada lagi orang yang nemanin aku tidur, gak ada lagi orang yang manggil manggil aku kalau aku gk masuk masuk kamar. dan gak ada lagi orang yang nyambut aku pas pulang sekolah dengan pertanyaan pertanyaan yg kadang buat aku kesal :(
sekarang yg tinggal cuma kenangan yang akan aku simpan di dalam hati aku dan aku kenang selalu. dan aku mulai merelakan kepergian nenek :(

1 komentar: